Warung Bebas

Jumat, 17 Februari 2012

Arti Kata Oppa ?

Pecinta k drama pasti sering dengar kata OppaAda yang menyebutnya dengan formal ada juga yang menyebutnya dengan nada manja, Oppaaaaaa. Sekarang kita sedikit-sedikit kudu tau tentang Oppa ini dalam hubungan sosial masyarakat Koreasono.
Oppa adalah kata-kata sederhana tapi berjuta maknanya (duileh). Arti sebenarnya sih mudah, kakak/abang laki-laki.
1.      Oppa sebagai kakak. Oppa dalam arti sebenranya adalah hubungan darah, seorang adik (wanita) memanggil sang abang. Kata Oppa juga berlaku untuk saudara kembar. Contoh Go Mi Nyu memanggil saudara kembarnya (yang laki-laki dan lahir lebih awal) Go Mi Nam dengan sebutan Oppa (k drama you are beautiful)
2.      Oppa sebutan untuk laki-laki lebih tua. Seorang wanita bisa juga memanggil laki-laki lebih tua darinya dengan sebutan Oppa. Lebih gampang lagi jika gadis kecil memanggil dengan sebutan ini. Tapi, beranjak dewasa dia harus mempertimbangkan lagi hubungannya dengan laki-laki yang disebut Oppa itu apakah hubungan mereka masih cukup dekat untuk dipanggil Oppa. Jika tidak, maka memanggil dengan panggilan yang berjarak seperti Sunbae (senior), pekerjaan si laki-laki atau namanya ditambah penyebutan –ssi di belakang namanya cukup membantu. Panggilan Oppa ini juga bisa berakibat si laki2 yang disebut Oppa ini akan berusaha menjaga si gadis yang memanggilnya demikian.
3.      Oppa dalam bentuk lebih formal lagi adalah oraboni. Biasanya kita bisa liat di k drama saeguk (sejarah) wanita akan menyebut si kakak atau abang kandungnya dengan sebutan oraboni. Tapi dalam konteks tertentu seperti Joo Yu Rin (my Girl) menyebut gong chan oraboni bukan oppa. Saat itu Yoo rin berlaku sebagai adik sepupu pura-pura. Untuk memanggil Oppa mereka tidak terlalu dekat. Gong Chan juga sikapnya dingin. Sehingga Yoo Rin mengambil jarak dengan memanggilnya oraboni.
4.      Oppa untuk sebutan romantis. Banyak gadis yang menyebut pacarnya (yang lebih tua) dengan sebutan Oppa (in a romantic way) dengan intonasi manja seperti, Opaaaaaaaa! Menggelikan kadang terdengarnya. Tapi buat priaKorea ternyata hal itu bisa bikin mereka layaknya super hero bagi pacarnya dan biasanya hal itu berhasil, si pria akan memenuhi permintaan sang pacar ^^ 

Contoh dari k drama TRIPLE (aku lum nonton) si tokoh ceweknya HARU memanggil sebutan berbeda untuk tiga pria. Menyebut Oppa untuk saudara tirinya Hwal. Menyebutnya Ahjussi pada Hyun Tae teman Oppa-nya. Setelah semakin dekat dia pun memanggil Hyun Tae Oppa. Dan hal itu membuat si pria senang bukan kepalang, sebab lebih menyenangkan menjadi Oppa daripada Ahjussi (om/paman) ^^ 
Haru di sini juga memanggil tokoh cowok yang suka dengan dirinya dengan sebutan Oppa yang diperankan oleh Song Joong Ki sehingga dengan mudah tokoh Song Jong Ki melakukan PDKT dengan Haru.
Dalam K drama Cinderella Sister Hyo Sun suka pada Ki Hoon dengan memanggilanya Oppa. Selain menghormatinya, bagi Hyo Sun, Ki Hoon adalah segalanya. Sedangkan tokoh Eun jo ini tidak pernah berbahasa formal dengan siapapun. Apalagi memanggil Oppa pada Ki Hoon. Sekalinya Eun Jo memanggil Ki Hoon dengan sebutan Oppa, tentu saja membuat mata Hyo Sun terbelalak..Nggak percaya!
Di k drama Bad Guy, tadinya Monae memanggil Gun Wook dengan sebutan ahjussi sebelum tahu namanya. Setelah bertemu beberapa kali Monae memanggil Gun Wook Oppa. Setelah pacaran Monae menyebut Oppa saja ^^
Jadi semakin dekat hubungan, semakin gampang kita memanggil seseorang dengan sebutan Oppa.
Anehnya saya nonton Geum Soon (k drama Be Strong Geum Soon) memanggil dr Jae Hee yang beda 7 tahun dengan sebutan Ahjussi. Tidak pernah berubah menjadi Oppa. Dan sampai mereka menikah pun tetep Ahjussi sampai2 dr Jae Hee protes dan minta Geum Soon panggil dia Yeobo (suamiku/sayangku) hehe
Terjemahan bebas dari dramabeans

0 komentar em “Arti Kata Oppa ?”

Posting Komentar

 

TIPS TRIK Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger